Free tutorial for you

Belajar Membuat Blogger Template

Membuat Blogger Template

Terhitung sejak hari Minggu kemarin saya mulai melakukan proses pembuatan template blogger agar menyerupai template yang digunakan pada wordpress. Target template wordpress yang ingin saya tiru adalah template yang digunakan salah satu blog populer di Indonesia yaitu blog kang Herman Yudiono blogodolar.com. dan saya menyebutnya ini dengan nama Project Template blogodolar.com. Meski belum mendapatkan ijin dari pemilik blog kang Herman, saya tetap memaksakan diri memulai project ini. Di postingan saya sebelumnya saya sudah menjelaskan  alasan  melakukan proses project ini yaitu sebagai media belajar dalam pembuatan template blogger. 

Seperti proses belajar lainnya yaitu amati > duplikasi > modifikasi > inovasi. Saat ini saya sedang berada di tahapan duplikasi dan sedikit melakukan proses modifikasi. Dari proses duplikasi template tersebut saya banyak belajar bagaimana penggunaan kode HTML, Javascript, maupun CSS yang digunakan pada blog. Meski hanya dengan bermodalkan pengetahuan yang didapat dari  google dan bertanya di blog-blog yang membahas seputar tutorial blogger,  template blogodolar.com versi blogger sudah 75% selesai. Mohon maaf saat ini saya belum bisa memberitahukan link blog tersebut karena saya masih menunggu tanggapan kang Herman tentang project ini dan boleh atau tidaknya link blog tersebut dipublikasikan untuk demonya. Saya hanya bisa memberikan screenshoot dari hasil duplikasi template blogodolar.com
bukan blogodolar.com
bukan blogodolar.com

Dari proses duplikasi template blogodolar.com yang dilakukan, saya jadi tahu bagaimana mengubah warna  pada blog, mengganti ukuran maupun jenis huruf yang digunakan, membuat footer 3 kolom untuk blog, penggunaan tag conditional,  dan banyak lagi ilmu yang bisa saya dapatkan untuk pembuatan template blogger. Setelah saya menyelesaikan  project template blogodolar.com saya akan coba ke tahapan belajar selanjutnya yaitu modifikasi dan inovasi. 








2 comments:

  1. lanjutkan kreativitas mas, saya juga lagi bikin project buat template tapi gk tahu kapan kelarnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip.. Semangat mas Saeful, kita sama-sama belajar. ..:D

      Delete