Free tutorial for you

Membuat Halaman Statis Full Width Blogger

Full width satatic page blogger

Apa itu halaman statis? Halaman statis atau static page di blogger merupakan halaman independent/ tersendiri yang dibuat oleh author blog untuk tujuan tertentu. Sebagai contoh static page digunakan oleh para blogger untuk menampilkan profil blognya atau biasa kita kenal About us yang bisa kita tenukan di menu navigasi. Ada juga yang membuatnya untuk menampilkan forum di blog ataupun contact author itu sendiri.

Dalam keadaan default di blogger jika kita membuat static page maka tampilannya akan  seperti halaman postingan biasa. Lalu bagaimana cara merubahnya agar tidak biasa? Saya ambil contoh untuk halaman about us, jika kita menampilkan halaman tersebut tanpa sidebar dan comment tentu lebih baik bukan. Lalu bagaimana cara membuatnya?

Pertama siapkan gula, kopi dan air panas terlebih dahulu. Kemudian buat kopi dan hidangkan bersama pisang goreng... #biar lebih enjoy ngeblognya...hehe. Oke kita mulai saja cara membuat static page blogger tanpa sidebar dan comment.

  • Back up terlebih dahulu template anda untuk berjaga-jaga jika terjadi kesalahan fatal
  • Masuk ke menu edit template
  • Kemudian cari kode  ]]></b:skin> (lebih mudah dengan ctrl+F)
  • Kemudian letakan kode berikut dibawahnya:

<b:if cond='data:blog.pageType'>
<style>
.sidebar,.comments {display:none;}
#main-wrapper{width: 100%}
</style>
</b:if>

  • Kemudian save 


Keterangan: ganti kode #main-wrapper,.sidebar,.comment sesuai nama kode css yang digunakan pada template.

Untuk melihat hasilnya diharuskan sudah memiliki static page di blog. Selamat mencoba....

1 comments:

  1. Sudah tak coba tapi malah semua halaman e bos, termasuk halaman beranda.. hehe kemudian tak kembalikan lagi..hehe mohon pencerahannya Pak boss..

    ReplyDelete